Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Wednesday, January 28th 2015. | Interior Rumah

Bagaimana cara menata rumah kecil yang kita tinggali, agar terlihat lebih luas? Sedikit informasi dalam artikel ini mencoba membantu Anda untuk memahami cara menata rumah kecil.

Di saat secara fisik, bentuk maupun ukuran dari rumah kecil sederhana kita tidak dapat secara mudah kita ubah, kita selalu bisa mengubah persepsi manusia dalam menginterpretasi kedalaman sebuah ruang lewat indera penglihatannya. Otak manusia seringkali mengalami ilusi secara visual, yaitu menampilkan kesan subyektif yang salah dalam menyerap fakta obyektif yang ditangkap dan disajikan oleh indera visual. Sebuah ruang adalah obyek berdimensi tiga, sedangkan penginderaan visual manusia hanya berdimensi dua. Saat menatap sebuah ruang tiga dimensi, sebenarnya fakta yang diterima mata kita tidak lengkap, namun otak kita memberikan efek visual berupa persepsi agar kita dapat memahami obyek yang kita lihat. Dalam memberikan persepsi inilah kadang kita diberikan persepsi yang salah, yang disebut sebagai ilusi.

Ilusi visual inilah yang biasanya menjadi dasar dari beberapa trik arsitektural untuk menyiasati beberapa permasalahan, termasuk cara menata rumah kecil agar terlihat lebih luas, baik pada sisi eksterior maupun interior.

Cara Menata Rumah Kecil

Cara Menata Rumah Kecil

Beberapa trik cara menata rumah kecil, jika masih dalam tahap desain, atau perubahan fisik bangunan masih memungkinkan, antara lain :

  1. Desain atap dan atau langit-langit yang tinggi, yang memberi kesan lega karena ada tambahan ruang pada arah vertikal saat pandangan pada arah horisontal relatif terbatas.
  2. Kurangi keberadaan sekat masif yang permanen (berupa dinding tembok).
  3. Desain ruangan yang bersifat multifungsi, dua ruangan dengan fungsi yang mirip bisa digabungkan sehingga mengurangi kebutuhan space untuk dua ruangan mandiri dan bisa dikompensasikan untuk menambah luasan satu ruang saja.
  4. Desain jendela yang besar dan transparan, agar pandangan dari dalam ruang menjadi relatif tidak terbatas oleh dinding ruang.
  5. Memanfaatkan keberadaan ruang terbuka untuk memberikan pencahayaan alami yang mengesankan sebuah ruang yang lapang.

Sedangkan beberapa cara menata rumah kecil untuk kondisi rumah yang sudah fixed, antara lain :

  1. Memaksimalkan efek visual yang ditampilkan oleh warna dinding dan pencahayaan dalam ruang. Pada dasarnya semakin terang dan cerah kondisi pada suatu ruangan, maka akan semakin menambah kesan luas dan lapang.
  2. Pemanfaatan tipuan visual dengan pemasangan cermin berukuran lebar pada sudut-sudut dinding yang tepat, sehingga mengesankan masih adanya space longgar di belakang ruangan.
  3. Pemilihan furnitur yang mempunyai beberapa sifat antara lain simpel, berdimensi kecil, multi fungsi, atau dengan warna yang menyerupai warna dinding ruangan, sehingga tidak tampil mencolok dan terkesan memenuhi ruang.
  4. Secara default, efek luas pada suatu ruang paling banyak dipengaruhi oleh luasan lantai yang bebas tidak tertutup. Susun furnitur secara mengelompok, atau berada di pinggir ruangan menepi pada dinding, sehingga menyisakan lantai bebas yang relatif luas. Penggunaan furnitur dengan kaki yang ramping, juga memberikan efek hampir sama.
  5. Pemanfaatan atau efisiensi celah-celah atau sudut kosong, misal pemanfaatan area bawah tangga untuk penyimpanan perkakas.

Pemanfaatan Ruang untuk Menata Rumah Kecil

Gambar di atas adalah contoh pemanfaatan ruang loteng di bawah atap, dengan warna ruangan berkesan cerah, bukaan yang besar untuk pencahayaan alami, furnitur berdimensi kecil dengan kaki ramping dan diletakkan menepi pada dinding, serta optimalisasi ruang ke arah vertikal dengan penggunaan plafon miring. Contoh aplikasi beberapa cara menata rumah kecil yang kami jelaskan dalam artikel ini, dalam satu gambar.

Galeri Contoh Cara Menata Rumah Kecil

Anda bisa memanfaatkan semua trik pada artikel ini, atau sekedar meng-kombinasikan beberapa trik yang memungkinkan, sebagai ide cara menata rumah kecil agar terlihat lebih luas.

tags: ,