Desain Rumah Kayu Sederhana Minimalis

Monday, February 2nd 2015. | Rumah Sederhana

Hunian dengan konsep desain rumah kayu sederhana pada daerah di mana populasi tanaman kayu layak tebang tergolong rendah, tentunya merupakan hunian dengan biaya tinggi. Namun demikian, bagi orang-orang yang berselera tinggi dan ingin memiliki hunian dengan desain rumah kayu sederhana, permasalahan biaya yang tinggi bukanlah halangan terbesar untuk menggapai keinginan tersebut. Apalagi jika berada pada daerah di mana masih merupakan sentra penghasil kayu berkualitas sedang hingga tinggi.

Desain rumah kayu sederhana sendiri, di samping menawarkan tampilan dengan nilai eksotis tinggi dan mewah, memberikan pula kepuasan dan kenyamanan pada penganut paham hidup ‘back to nature‘. Untuk nilai-nilai tradisional dalam desain rumah kayu lama, biasanya merupakan hal yang relatif, karena saat ini tersedia desain rumah kayu klasik yang tradisional dan desain rumah kayu yang berkonsep modern.

Desain Rumah Kayu Sederhana

Rumah Kayu dengan Konsep Tradisional

Desain rumah kayu tradisional Indonesia, pada jenis-jenis yang menurun dari konsep rumah bangsawan atau kraton, pada dasarnya adalah desain yang sangat bagus dari sisi estetika, namun mungkin akan kurang sesuai untuk digunakan dalam desain rumah kayu sederhana. Beberapa konsep dasar arsitekturnya mungkin masih dapat kita ambil aplikasinya, namun untuk mengambil secara utuh konsep tradisional klasik tersebut maka desain kita tidak mungkin menjadi sederhana. Terlebih lagi jika kita meng-angankan desain rumah kayu sederhana yang minimalis.

Contoh Desain Rumah Kayu Sederhana

Gambar Rumah Kayu sederhana

Kayu merupakan material organik yang rentan terhadap terpaan kondisi lingkungan yang ekstrim dan serangan hama. Kayu dengan kualitas sedang akan relatuf mudah lapuk oleh terpaan air hujan dan panas matahari yang silih berganti. Begitu pula kayu rentan terhadap serangan hama, terutama rayap, yang biasanya menyerang dari bagian kayu yang kontak dengan tanah tempat hidup rayap. Oleh karena itu perlu dibuat desain yang memungkinkan dinding kayu terlindung maksimal dari hujan dan panas di sisi atas, dan terhindar dari kontak secara langsung dengan tanah pada sisi sebelah bawah.

Maka merupakan suatu hal yang masuk akal jika desain rumah kayu sederhana meng-aplikasikan jenis atap dengan tritis lebar , dan menggunakan model rumah yang ditinggikan dari tanah (jenis rumah panggung) atau paling tidak menggunakan umpak dan dinding batu pada sisi yang kontak dengan tanah secara langsung. Pada contoh desain rumah kayu sederhana di gambar atas, digunakan perlindungan dengan jenis atap ber-tritis lebar, sedangkan pada area dinding yang relatif ter-ekspos, didominasi material kaca yang tahan terhadap terpaan panas dan hujan. Pun, pada sisi bawah, menggunakan dinding bata ekspos yang selain tahan terhadap hama juga mempunyai tampilan eksotis yang memperkuat eksotisme material kayu di atasnya.

 Desain Rumah Kayu sederhana

Gambar di atas merupakan contoh desain rumah kayu sederhana yang dikombinasikan dengan beberapa unsur material modern, yaitu bahan kaca yang dominan pada bidang jendela, serta genteng metal sebagai penutup atap. Finishing glossy pada material kayu penutup dinding tampak harmonis dengan kilat pada kaca dan genteng metal, membuat perbedaan unsur kayu yang natural dengan dua unsur material bernafas industrial, membaur secara harmonis.

Rumah Kayu Sederhana

Bahkan desain rumah kayu sederhana dengan bentuk yang sangat biasa seperti tampak pada gambar rumah kecil sederhana di atas, mampu menampilkan kesan eksotis dengan permainan efek finishing pada papan kayu penutup dindingnya.

Galeri Desain Rumah Kayu Sederhana

Desain rumah kayu sederhana minimalis bagaimanapun juga tetap akan memberikan nuansa kehangatan yang mewah, cocok bagi Anda dengan selera seni yang tinggi.

tags: ,