Desain Rumah Kecil Sederhana Terbaru

Tuesday, February 3rd 2015. | Rumah Sederhana

Space lahan yang kian lama semakin terbatas, membuat desain rumah kecil sederhana semakin banyak diminati masyarakat. Selain luasan lahan yang dibutuhkan tidak terlalu besar, desain rumah kecil sederhana juga terasa ringan pada sisi biaya pembangunan dan perawatannya, serta masih di-mungkinkan-nya pengembangan rumah pada masa mendatang, merupakan tiga faktor utama yang dilihat oleh konsumen dan pelaku properti dewasa ini. Tentu saja tampilan fasad depan rumah yang rapi, bersih dan berkarakter modern merupakan nilai tambah tersendiri bila diterapkan dalam sebuah rumah kecil sederhana.

Efisiensi penggunaan space lahan merupakan isu utama yang diusung oleh kebanyakan desain rumah kecil sederhana terbaru pada beberapa tahun terakhir. Hal tersebut biasa dicapai dengan beberapa konsep dasar dalam pembagian struktur ruang dalam rumah, yang sekiranya dapat menampung seluruh aktivitas penghuni rumah dengan penggunaan lahan seefisien dan seefektif mungkin. Konsep penyusunan ruang pada rumah tradisional masyarakat Jepang, pada awalnya merupakan ide dasar yang banyak ditiru dalam perwujudan desain ruang yang efisien dan efektif. Konsep ini kemudian, seiring dengan berjalannya waktu dan seiring dengan tantangan permasalahan yang semakin beragam, mengalami perkembangan pesat di tangan kreatif para desainer rumah hunian. Pun perkembangan desain ini juga ditangkap oleh desainer furnitur dan appliance rumah, sehingga saat ini masyarakat sangat dipermudah untuk menemukan desain rumah hunian yang sesuai bagi masalah dan kebutuhan mereka.

 Contoh Denah pada Desain Rumah Kecil Sederhana

Seperti tampak pada beberapa contoh gambar denah desain rumah kecil sederhana di atas, ruangan selain ruang tidur cenderung dibuat menerus dan bersifat multi-fungsi. Ruangan-ruangan yang memungkinkan untuk penggunaan furnitur yang sama, cenderung dijadikan satu membentuk satu ruangan yang besar tanpa adanya sekat dinding yang masif. Dalam desain rumah kecil sederhana semacam ini, eksistensi pembatas ruang ditentukan dalam tataran interior, di mana digunakan pembatas fisik sederhana berupa sketsel, atau pembatas imajiner dengan pembedaan warna dinding, pembedaan tipe pencahayaan dan bahkan dibatasi dengan keberadaan selembar karpet pada wilayah ruang tamu.

Tampak jelas bahwa saat ini kolaborasi antara desain fisik bangunan yang lebih fleksibel, dengan desain interior untuk menjawab detail ruang yang tidak disediakan oleh desain fisik bangunan, merupakan hal yang marak digunakan untuk membentuk desain keseluruhan rumah yang efektif sekaligus efisien. Sehingga mampu menjawab masalah keterbatasan lahan, sedangkan pada saat bersamaan juga mampu menampung kebutuhan ruang aktivitas bagi penghuninya.

 Contoh Bentuk Desain Rumah Kecil Sederhana

Desain Rumah Kecil Cantik

Pun demikian, desain yang efektif dan efisien tidak berarti kaku dalam tampilannya. Kreativitas para desainer dalam membentuk tampilan sebuah rumah hunian, saat ini tidak lagi terbatas pada nilai-nilai arsitektur tradisional yang membentuk pakem tertentu. Ekspresi fasad rumah yang tampak, biasa ditampilkan dalam desain yang simpel, bersih dan terkesan modern, relatif bebas dari ornamen-ornamen yang rumit. Sebuah desain rumah kecil sederhana sekalipun, akan membuat penghuninya merasa bangga dan nyaman jika didukung dengan tampilan rumah yang bagus.

 Desain Rumah Kecil Sederhana

Desain Rumah Minimalis Kecil

 Semoga informasi dan beberapa contoh desain rumah kecil sederhana pada artikel ini bisa memberi wawasan baru bagi Anda.

tags: , , , , , , , ,