Interior Rumah Sederhana Minimalis Tapi Elegan 2

Sunday, January 18th 2015. | Interior Rumah

Berbicara mengenai interior rumah sederhana, maka kita terutama akan berbicara mengenai permainan warna dominan pada bidang-bidang yang ada pada suatu ruang (dinding, lantai dan plafon jika ada), dikombinasikan dengan aksen-aksen warna serta tekstur dari perabotan dan ornamen hias lain yang ada pada ruangan tersebut. Jika kita ibaratkan, maka warna-warna dominan pada dinding, lantai dan plafon merupakan warna dasar yang jarang bisa ubah. Oleh karena itu biasanya warna dominan sebaiknya terdiri dari warna-warna yang cenderung netral agar selalu bisa bersanding dengan warna aksen yang ditambahkan setelahnya. Jika kita mendapati rumah kecil sederhana yang sudah jadi, maka kita akan lebih banyak meng-eksplor pada detail furnitur dan ornamen hiasnya. Warna dinding yang tidak sesuai atau cacat finishing, bisa diperbaiki dengan penggunaan wallpaper, sedangkan warna penutup lantai biasa disiasati dengan penggunaan karpet atau pelapis lantai vinyl.

Kombinasi warna pada suatu ruang adalah yang pertama menciptakan kesan pada sebuah desain interior rumah sederhana.

Interior Rumah Sederhana

Interior Rumah sederhana

Kemudian setelah kombinasi warna tadi, maka trik berikutnya dalam membentuk interior rumah sederhana, adalah permainan garis atau bidang-bidang geometris. Pada trend belakangan ini di mana marak penggunaan konsep minimalis, termasuk dalam konsep desain interior rumah sederhana, biasanya tidak diinginkan pola garis-garis atau bidang geometris yang rumit dan menyita space. Lebih disukai garis-garis simpel yang selaras, atau bidang geometri dengan border relatif tipis serta tidak sangat menonjol dari lingkungan di sekitarnya. Menghindari distraksi yang berlebihan pada pandangan mata merupakan tujuannya, yang kemudian akan menghasilkan efek kesan lega dan lapang pada suatu ruangan.

Kesan elegan sendiri, otomatis akan tercipta dari kombinasi kedua hal tadi, dan disempurnakan dengan penggunaan bahan material serta finishing yang bagus dari sebagian besar komponen penyusun interior rumah sederhana. Suatu nilai tambah sendiri jika desainer interior, atau pemilik rumah, mempunyai cita rasa seni yang tinggi.

Interior Rumah sederhana dengan vinyl

Saat ini kita dimudahkan dengan banyaknya pilihan untuk membentuk tampilan interior rumah sederhana kita. Berbagai produk untuk menyusun komponen interior sudah sangat banyak tersedia di pasaran, tinggal bagaimana kita meng-eksplor dan berkreasi terhadap desain setiap ruangan. Apakah Anda mengira bahwa lantai mewah pada contoh gambar interior rumah sederhana di atas benar terbuat dari kayu? Padahal itu hanyalah pelapis lantai berbahan vinyl dengan corak kayu. Amazing, bukan…

Tidak terlepas dari konsep dan metode yang telah disampaikan tadi, dalam mendesain suatu ruangan, atau suatu rumah secara keseluruhan, tidak boleh dilupakan peng-aplikasian standar kelayakan suatu bangunan hunian, meliputi aspek struktur, kesehatan dan kenyamanan. Jadi penyusunan desain interior harus ditempatkan menyesuaikan dan tidak mengganggu ketiga aspek standar tersebut.

Contoh Ide Interior Rumah Sederhana

ornamen seni Interior Rumah sederhana

Interior Ruang multifungsi rumah sederhana

Desain bangun ruang pada rumah kecil sederhana saat ini, banyak memaksimalkan fungsi sebuah ruangan untuk beberapa kepentingan, istilah mudahnya adalah membuat ruang multi-fungsi. Seperti pada dua gambar di atas, di mana ruang tamu bersanding harmonis dengan ruang makan. Pembedaan area antara dua area fungsional tadi tidak dilakukan dengan sekat dinding permanen, bahkan tidak juga menggunakan sekat sketsel. Area fungsi cukup dibatasi dengan keberadaan furnitur di antara dua area, atau dengan aplikasi karpet pada ruang tamu yang mempertegas batas ruang yang berfungsi sebagai ruang tamu.

Begitu banyak ragam interior rumah sederhana yang bisa Anda dapatkan dengan berpegangan pada konsep-konsep di atas, silakan berkreasi dan lihat contoh contoh interior di sekitar Anda untuk mendapat inspirasi.

tags: ,