Membuat Rumah Sederhana Minimalis Termurah

Wednesday, January 28th 2015. | Rumah Sederhana

Membuat rumah sederhana sebenarnya relatif mudah jika sudah mengenal aspek-aspek yang dibutuhkan dalam penyusunannya. Proses pembuatan desain rumah sederhana sendiri, bukan hal yang sepele, karena dalam desain yang terkesan sederhana dan minimalis itu, sebenarnya desainer menjejalkan beberapa kepentingan agar hunian tersebut berstatus layak. Tidaklah cukup hanya sekedar mendesain bangunan rumah yang simpel, kecil dan ber-budget rendah, seorang desainer juga harus memasukkan unsur kelayakan struktur, kesehatan dan kenyamanan, serta tak lupa harus bisa mengakomodasi kegiatan penghuni rumah.

Perhitungan akan lebih rumit lagi jika kita bermaksud membuat rumah sederhana, yang juga murah, karena kita harus berhitung dengan komponen penyusun biaya. Komponen penyusun biaya untuk membuat rumah sederhana, pada fisik bangunannya tanpa menghitung biaya pembelian lahan dan ijin pembangunan, antara lain meliputi biaya bahan bangunan, biaya tukang, biaya bahan pendukung konstruksi (bahan yang tidak terpasang pada bangunan namun diperlukan saat tahap konstruksi, misal untuk perancah atau papan cor) serta biaya pengawas tukang jika diperlukan. Dalam proses membuat rumah sederhana yang murah, semua komponen biaya tadi harus ditekan secara bijaksana, sehingga menghasilkan produk yang murah namun tetap layak.

Komponen biaya tadi akan berlipat berdasarkan dimensi rumah dan lama proses konstruksi bangunannya. Jadi akan merupakan tindakan yang logis jika langkah utama dalam membuat rumah sederhana yang murah adalah dengan membuat dimensi yang tidak terlalu besar, dengan lama pelaksanaan konstruksi tidak terlalu lama. Konsep rumah tumbuh adalah suatu konsep pembangunan rumah yang agaknya mampu memenuhi sekaligus kedua hal tersebut. Konsep rumah tumbuh tidak dapat berdiri sendiri untuk menghasilkan produk ber-budget rendah yang memenuhi standar kelayakan hunian, tentunya harus didukung pula dengan penggunaan material penyusun bangunan mutakhir yang saat ini sangat memungkinkan untuk terwujudnya hal tersebut.

Ilustrasi Membuat Rumah Sederhana

Rumah Sederhana Minimalis

Beberapa trik pada tahap konstruksi dan bahan, untuk melakukan penghematan dalam membuat rumah sederhana yang murah, antara lain :

  • Menggunakan material pre-cast, yang tidak terlalu banyak membutuhkan waktu pemasangan (hemat waktu dan tenaga) serta sedikit saja membutuhkan bahan pendukung konstruksi (hemat material). Saat ini banyak ditawarkan kolom, balok dan pagar beton pre-cast. Di luar negeri sejak beberapa tahun terakhir juga berkembang jenis dinding berbahan lembaran besi.Ekspos Dinding Beton Precast
  • Menggunakan material substitusi untuk beberapa komponen bangunan yang sudah tersedia. Misalnya penggunaan material aluminium atau bahan uPVC untuk kusen dan daun pintu serta jendela. Bahan penutup dinding yang tidak butuh permanen, juga bisa menggunakan papan kalsi (calcium board) atau papan semen. Bahan penutup lantai juga bisa menggunakan bahan vinyl atau linoleum dengan tampilan estetis yang tidak kalah dengan tegel keramik. Untuk mengurangi beban dan juga mengurangi pekerjaan plester dinding, saat ini juga sudah berkembang luas aplikasi bata beton aerasi (bataton).Rumah Sederhana Minimalis dengan Lantai Linoleum
  • Pada pekerjaan yang membutuhkan lantai plat beton (untuk dak), bisa menggunakan teknologi keramik komposit beton (biasa disebut dengan Keraton), yang relatif tidak membutuhkan perancah dalam tahap konstruksi.Ekspos Dak Keramik Beton Tampak Bawah
  • Struktur atap yang lebih hemat (relatif dibandingkan dengan menggunakan kayu kualitas bagus) bisa diperoleh dengan pemanfaatan struktur atap baja ringan.
  • Bahan penutup atap bisa menggunakan jenis penutup atap lembaran (asbes, seng gelombang, galvalum atau genteng metal) yang hemat dalam penggunaan struktur atap-nya.Membuat Rumah Sederhana Atap Galvalum

 Galeri untuk Membuat Rumah Sederhana

Saat ini sudah banyak tersedia pilihan jika Anda ingin membuat rumah sederhana minimalis yang murah, Anda tinggal berkreasi menyesuaikan desain dan bahan dengan kebutuhan Anda.

tags: , , , ,