Menyiasati Rumah Kecil Dengan Furnitur Multifungsi

Thursday, January 22nd 2015. | Interior Rumah

Salah satu trik untuk menciptakan efisiensi ruang dalam rangka menyiasati rumah kecil, adalah dengan mengurangi sebanyak mungkin jumlah furnitur yang ada di dalam rumah. Dengan jumlah furnitur yang sedikit tentunya space yang tersedia dalam sebuah rumah akan bertambah. Luasan lantai hanya akan berkurang sedikit saja dan bidang dinding juga relatif tidak banyak tertutupi oleh furnitur, sehingga rumah akan terasa lebih longgar.

Namun bagaimana bila aktivitas kita sehari-hari membutuhkan banyak furnitur yang berbeda-beda fungsinya? Penggunaan furnitur multi fungsi merupakan solusi dalam mengurangi jumlah furnitur untuk menyiasati rumah kecil dan sederhana milik kita. Coba Anda pikirkan baik-baik, apakah semua furnitur yang Anda rasa dibutuhkan keberadaannya di dalam rumah kecil sederhana, memang akan dibutuhkan pada waktu yang bersamaan? Sebagian besar jawabannya adalah tidak.

Contoh Furnitur untuk Menyiasati Rumah Kecil

Meja Lipat untuk Dapur Kecil

Apakah meja makan sudah akan dibutuhkan sedangkan sang Nyonya rumah sedang meracik atau memasak bahan makanan? Tidak. Jadi kenapa harus mengorbankan space pada ruang dapur kecil kita untuk meja makan konvensional. Aplikasi meja lipat berbahan kayu dapat menjadi alternatif untuk menyediakan ruang berlalu lalang saat nyonya rumah sibuk menyiapkan hidangan. Saat meja makan belum dibutuhkan, tinggal lipat saja dan akan tercipta ruang untuk menyiasati rumah kecil kita.

Tempat Tidur untuk Menyiasati Rumah Kecil

Tidak bisa dipungkiri, bahwa sebagian besar kegiatan kita dilakukan di dalam kamar tidur. Maka dari itu, dalam rangka menyiasati rumah kecil, masuk akal jika tempat tidur itu sendiri sebagai furnitur utama di dalam ruangan, sebaiknya dibuat multi-fungsi. Beberapa ide kreatif yang coba kami tampilkan dalam gambar di atas, antara lain :

  1. Memadukan antara tempat tidur pada bagian atas, meja belajar serta kabinet di bagian bawah, akan menghemat penggunaan space lantai. Namun furnitur tersebut mungkin kurang cocok untuk pasangan suami-istri, dan lebih cocok untuk anak-anak atau lajang, karena tempat tidur yang ada relatif kecil dimensinya.
  2. Ruang di bawah tempat tidur merupakan alternatif untuk menambah space penyimpanan. Bisa berupa laci-laci di bawah tempat tidur, ataupun ruangan besar yang mirip peti tepat di bawah kasur tempat tidur Anda. Ide ini juga praktis untuk memanfaatkan ruang kolong tersebut, dari pada hanya dibiarkan kosong dan akhirnya malah menjadi kotor berdebu dan sia-sia.
  3. Tidak bisa dipungkiri bahwa furnitur paling besar yang ada dalam sebuah rumah, mungkin adalah dipan tempat tidur. Dan coba renungkan, apakah tempat tidur tersebut kita gunakan sepanjang waktu, maka bukankah lebih baik bila kita dapat “mengenyahkan” dipan tersebut saat tidak dibutuhkan, sehingga ada space longgar pada kamar tidur kita. Kombinasi dipan, dan sofa saat dipan dilipat merapat ke dinding, adalah ide yang saat ini banyak ditawarkan pengembang furnitur.
  4. Hampir sama dengan ide pada gambar ketiga, namun dengan penambahan rak, yang saat dipan digunakan, berfungsi sebagai kaki dipan.

Space Pada Tangga

Penggunaan ruang di bawah tangga sudah jamak dilakukan. Namun bagaimana kalau menggunakan tangga itu sendiri sebagai tambahan ruang simpan, ide yang menarik bukan? Anak tangga berbahan kayu pada gambar di atas, sekaligus dimanfaatkan sebagai ruang simpan berbentuk kabinet dan laci-laci.

Rak dan Meja Lipat

Furnitur lipat memang sangat efisien dalam upaya untuk menyiasati rumah kecil. Saat tidak digunakan, gabungan meja tulis dan rak pada gambar di atas, berada dalam keadaan terlipat sehingga tampilannya ramping dan kompak menempel pada dinding.

Beberapa jenis furnitur untuk menyiasati rumah kecil pada artikel ini sudah beredar di pasaran, namun mungkin Anda akan lebih menyukai memesan pada tukang untuk ukuran yang presisi dan sesuai kebutuhan ruang rumah Anda.

tags: ,