Renovasi Rumah Sederhana Minimalis

Thursday, February 5th 2015. | Rumah Sederhana

Jika saat ini Anda sedang berpikir untuk melakukan renovasi rumah sederhana Anda, semoga artikel ini dapat memberi ide dan inspirasi. Renovasi sendiri, secara istilah pada dunia bangunan, mempunyai arti perbaikan bangunan yang rusak, atau mengganti bangunan yang masih baik dengan maksud untuk melakukan peningkatan kualitas atau kapasitas. Jadi setelah dilakukan renovasi rumah sederhana, diharapkan akan didapatkan bangunan yang lebih baik kualitasnya, atau lebih besar kapasitasnya.

Renovasi rumah sederhana, biasanya dilakukan terkait dengan beberapa hal. Bisa karena desain bangunan saat ini yang kurang memenuhi kelayakan berdasar standar obyektif kelayakan hunian, atau berdasar kebutuhan subyektif penghuni rumah. Bisa karena terjadi kerusakan sedang sampai berat pada fisik bangunan. Atau bisa juga karena sekedar bosan dan merasa tidak cocok dengan tampilan bangunan rumah, eksterior maupun interior-nya. Kemungkinan lainnya adalah kebutuhan renovasi terhadap rumah yang baru saja berpindah tangan, dan pemilik baru menginginkan sesuatu yang berbeda terhadap fisik bangunan rumah yang baru dibeli. Pada prinsipnya, renovasi rumah sederhana diharapkan mampu memperbaiki keadaan yang memburuk terhadap fisik bangunan rumah sederhana tersebut.

Renovasi Rumah Sederhana

Renovasi Rumah Sederhana before

Renovasi Rumah Sederhana after

Sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi terhadap fisik bangunan rumah hunian, Anda harus pastikan dulu bahwa langkah renovasi yang Anda tempuh nantinya benar-benar merupakan jawaban dari permasalahan yang saat ini ada (existing problem), dan bahwa renovasi fisik bangunan memang merupakan satu-satunya cara ideal untuk mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut penting, karena renovasi rumah sederhana sekalipun akan memerlukan pengorbanan yang tidak sedikit.

Anda bisa jadi berpikir bahwa sebuah renovasi fisik bangunan pada hunian Anda akan membuat hidup menjadi lebih nyaman, karena rumah menjadi lebih layak, atau lebih patut di banding kondisi saat ini. Namun perlu Anda ketahui, bahwa pada kenyataannya dalam sebuah renovasi rumah sederhana, sering akan dirasakan beberapa masalah antara lain biaya yang membengkak dari anggaran, stres saat berlangsungnya proyek renovasi, dan ternyata memerlukan waktu lebih lama dibanding estimasi semula. Dengan resiko pengorbanan demikian besar, tentunya wajar jika Anda harus yakin bahwa renovasi rumah sederhana akan menjawab, dan merupakan satu-satunya jawaban, untuk mengatasi permasalahan pada rumah Anda.

Gambar di atas adalah sebuah contoh perbaikan suasana sebuah ruang pada rumah di luar negeri, tanpa melakukan renovasi fisik secara besar, hanya beberapa langkah renovasi rumah sederhana dipadukan dengan perubahan penataan furnitur. Pada sebelah atas adalah kondisi sebelum perbaikan, dan sebelah bawah adalah gambar setelah perbaikan. Sebelumnya ruangan tampak sesak dan kurang longgar. Perbaikan dilakukan terutama dengan menjadikan perapian dan dinding di atasnya menjadi fokal poin utama, yang sebelumnya titik fokal ada dua (yaitu perapian dan TV plasma pada dinding). Warna dinding di atas perapian dibuat berbeda dari skema warna dinding lainnya, namun selaras dengan warna perapian menyebabkan pandangan terpusat ke sana. Posisi TV plasma diturunkan sehingga seakan-akan menyatu dengan buffet, yang sudah diubah warnanya menjadi putih agar tampilannya tidak menonjol. Pemusatan perhatian akhirnya terfokus ke bagian perapian, tidak saling berebut perhatian seperti saat sebelum perbaikan. Kemudian sofa dan piano diletakkan menyudut sehingga mengekspos lebih banyak lantai, membuat kesan lebih luas.

Gambar Renovasi Rumah Sederhana

Jika Anda merasa kondisi bangunan fisik atau interior hunian kurang nyaman, kurang ideal, atau kurang sesuai dengan kelayakan hunian, cari tahu dulu di mana permasalahan utamanya, lakukan trouble shooting, dan kemudian analisa semua kemungkinan yang ada untuk memperbaikinya (trouble solving). Cari referensi sebanyak mungkin mengenai permasalahan yang Anda jumpai. Maka jika kemudian kesimpulannya adalah sebuah renovasi rumah sederhana yang Anda butuhkan, keputusan itu memang sudah matang.

tags: ,