Rumah Kecil Cantik Mungil Dan Indah

Tuesday, January 20th 2015. | Rumah Sederhana

Banyak orang berpikir bahwa memiliki sebuah rumah kecil cantik itu sulit diwujudkan. Benarkah demikian?

Anggapan bahwa sulit membuat desain rumah kecil cantik pada lahan dengan lebar muka terbatas, memang ada benarnya. Ukuran fasad depan yang kecil dari sebuah rumah, memang akan sering terjebak pada desain yang menampilkan kesan penuh dan sesak. Pun demikian dengan area interior, di mana akan sulit memenuhi kebutuhan ruang untuk penghuni rumah, dengan space yang ada. Rata-rata lebar minimal dari sebuah rumah, yang dirasa cukup mudah untuk melakukan pembagian ruangan sekaligus menata tampilan depan yang apik, adalah sekitar 8 meter. Ukuran lebar 7 meter mungkin masih dapat diterima, dengan beberapa penyesuaian. Namun bagaimana dengan orang yang hanya memiliki lahan dengan lebar depan 6, 5 atau bahkan hanya 4 meter? Banyak dari warga perkotaan yang memiliki lahan-lahan dengan lebar depan terbatas semacam ini.

Rumah Kecil Bagus

Well, sulit bukan berarti menjadi tidak mungkin. Mendesain dan membuat rumah kecil cantik pada lahan terbatas memang sulit, namun bukan berarti tidak mungkin. Dengan aplikasi beberapa konsep desain rumah kecil sederhana, maka kita bisa berkreasi dengan desain kita. Yang perlu kita ingat, bahwa sebisa mungkin ikuti pedoman-pedoman syarat sebuah rumah hunian yang layak dari sisi struktur, keamanan, kesehatan dan kenyamanan. Dan tentu saja tidak boleh dilupakan bahwa rumah tersebut, walaupun mungil, namun tetap harus dapat meng-akomodasi kebutuhan ruang bagi aktivitas Anda sekeluarga.

Setelah kebutuhan dasar akan sebuah fungsi rumah terpenuhi, baru marilan kita bicara mengenai estetika bangunan untuk membuat rumah kecil cantik sebagai hunian kita.

Contoh Gambar Rumah Kecil Cantik

Rumah Kecil Cantik

Jika lahan secara horisontal terbatas, maka pilihan pengembangan rumah secara vertikal sangat memungkinkan, selama kita mampu memenuhi unsur keamanan struktur bangunan kita. Selain akan dapat meng-akomodasi lebih banyak kebutuhan ruang, pengembangan secara vertikal memungkinkan kita untuk memperbanyak bidang dinding yang bisa kita ekspos untuk memperindah rumah kecil cantik kita.

Rumah Kecil Mungil

Saat kita sebaiknya memperbanyak ekspos terhadap dinding, termasuk teras dan atap teras jika ada, maka kita justru mungkin perlu mengurangi fokus pandangan pada atap utama rumah kita. Karena desain profil atap yang terbatas secara ukuran, akan menampakkan secara jelas kecilnya ukuran rumah kita, di samping desain atap yang kecil juga mengurangi kesan gagah pada suatu rumah. Akan lebih bijaksana untuk mengarahkan pandangan orang kepada detail di bagian bawah, misalnya dengan desain atap car-port yang menghalangi pandangan ke profil atap utama.

Di sisi lain, memiliki desain impian akan sebuah tempat hunian berupa rumah kecil cantik, juga tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Pada saat tahap konstruksi, maka biaya yang dikeluarkan untuk membangun tipe rumah semacam ini akan relatif lebih kecil dibandingkan dengan membangun rumah huni dengan ukuran lebih besar. Kemudian dalam hal membenahi atau membersihkan rumah, maka tentunya akan lebih ringan untuk membersihkan sebuah rumah yang mungil.

Galeri Contoh Rumah Kecil Cantik

Semoga beberapa konsep dan contoh gambar pada artikel ini dapat menumbuhkan inspirasi Anda dalam merancang rumah kecil cantik yang Anda idam-idamkan.

tags: