Rumah Sederhana Sehat Terbaik 2015

Friday, January 16th 2015. | Rumah Sederhana

Desain rumah sederhana sehat, terutama terkait pada tiga unsur desain, yaitu desain pencahayaan, penghawaan dan desain sanitasi. Pada rancangan pencahayaan dan penghawaan dalam suatu rumah kecil sederhana sehat, diupayakan semaksimal mungkin untuk menggunakan pencahayaan dan penghawaan alami. Baru jika metode alami tidak memungkinkan sama sekali, digunakan sistem artifisial. Sedangkan desain sanitasi rumah sederhana sehat, terutama terkait dengan penyediaan saluran air bersih yang terpisah dan sedikit kemungkinannya terkontaminasi oleh sistem penanganan air kotor yang ada pada rumah tersebut dan lingkungannya. Satu hal lain yang tidak terkait dengan desain bangunan, adalah pengelolaan sampah limbah rumah tangga.

Jadi, boleh dan sah saja membuat rumah yang sederhana dan bersahaja, namun jangan melupakan kebutuhan primer untuk menerapkan desain rumah sederhana sehat.

Gambar Pencahayaan Alami Rumah Sederhana Sehat

bukaan besar pada rumah sederhana sehat

Konsep pencahayaan rumah sederhana sehat, dilaksanakan dengan pembuatan bukaan-bukaan untuk melewatkan cahaya alami (sinar matahari dan pantulan atau bias sinarnya) sebanyak mungkin ke dalam rumah. Cahaya matahari lebih utama karena selain menerangi bagian-bagian rumah, sinar matahari juga membunuh sebagian besar bakteri yang mungkin ada di dalam rumah. Alternatif untuk bukaan bagi jalan sinar matahari adalah jendela, pintu kaca, genting kaca dan struktur sky-light untuk bagian rumah yang tidak mungkin mendapatkan sinar matahari dari bagian samping. Pencahayaan buatan (artifisial) tetap dibutuhkan, namun hanya relatif hanya mempunyai fungsi untuk penerangan, tidak membunuh kuman dan bakteri.

Walaupun sangat bermanfaat, paparan sinar matahari dari arah barat sebaiknya diminimalkan, karena relatif akan membuat suhu ruangan meningkat yang tentunya akan mengurangi kenyamanan di dalam ruangan tersebut. Perbanyak bukaan sinar pada bagian utara dan selatan rumah.

Contoh Gambar Penghawaan Alami Rumah Sederhana Sehat

desain jendela rumah sederhana sehat

Penghawaan rumah sederhana sehat, utamanya juga disandarkan pada sistem penghawaan alami dengan melewatkan angin secara cukup ke seluruh area rumah. Poin penting yang dipegang dalam meng-konsep penghawaan alami ini adalah dengan membuat angin bergerak cepat dan melewati semua area di dalam rumah. Rumah sederhana sehat dengan sistem penghawaan alami yang baik, akan membuat rumah terasa sejuk, serta mengurangi jumlah bakteri dan kuman, dan mencegah kelembaban berlebih yang dapat memicu tumbuhnya jamur. Sistem ventilasi silang dan keberadaan void di dalam rumah, merupakan sistem alami yang biasa diaplikasikan.

ruang tangga sebagai void rumah sederhana sehat

Pada rumah sederhana sehat yang terdiri dari dua lantai, ruang tangga juga dapat dimaksimalkan fungsinya sekaligus sebagai area void untuk menjamin terjadinya pergerakan arus udara secara vertikal di dalam rumah. Penggunaan material tangga yang relatif meneruskan cahaya, seperti misalnya penggunaan kaca temper atau plexiglass sebagai dinding tangga pada contoh gambar di atas, juga membantu tersampaikannya sinar matahari pada ruang di bawah tangga.

sanitasi rumah sederhana sehat

Sanitasi pada rumah sederhana sehat, utamanya terbagi dalam 3 komponen besar, penyediaan air bersih yang sehat (sumber air, tampungan dan pemipaan), pembuangan air kotor (pemipaan, bak kontrol dan peresapan) serta pembuangan air limbah kotoran (black water) secara sehat (pemipaan, septic-tank, peresapan). Pada trend di negara maju, terkait dengan isu lingkungan, air kotor (grey water) biasanya digunakan kembali untuk, misalnya, menyiram toilet, menyiram tanaman dan beberapa kepentingan lain yang kurang membutuhkan air bersih.

furnitur dapur rumah sehat

Dapur adalah area semi publik yang penting keberadaannya dalam sebuah rumah, namun sekaligus merupakan penghasil sampah domestik paling banyak. Jika sampah dapur ini tidak ditangani dengan baik, maka akan banyak mengundang hama yang mengganggu kesehatan dan kenyamanan dalam area rumah.

Padahal dari dapur inilah makanan untuk seisi rumah diolah, dimasak dan disiapkan. Furnitur dapur saat ini juga dirancang multi fungsi, salah satunya seperti gambar di atas, yang mana terdapat tempat sampah tertutup dan tersembunyi di dalam meja dapur. Tempat sampah yang tertutup ini akan membantu mengurangi keberadaan hama lalat dan semut pada rumah sederhana sehat, apalagi jika sampahnya dibuang setiap hari.

tags: , ,