Taman Kecil Dalam Rumah Minimalis

Saturday, January 24th 2015. | Taman Rumah

Keberadaaan sebuah taman kecil dalam rumah, bukan saja menjadikan sebuah rumah kecil sederhana menjadi lebih asri, namun memiliki beberapa nilai tambah lainnya. Secara fungsi, taman kecil dalam rumah, merupakan salah satu cara menyiasati desain sebuah rumah yang sehat, di mana salah satu syaratnya adalah tersedianya pencahayaan dan penghawaan alami pada setiap ruang. Secara estetika, adanya sebuah taman kecil dalam rumah yang ditata dengan baik dan konsepnya jelas, akan memberikan nuansa kemewahan alami tersendiri di dalam rumah tersebut.

Sulitkah membuat sebuah taman kecil di dalam rumah? Tentu saja jawaban untuk pertanyaan tersebut selalu bersifat relatif. Di tangan seorang desainer lanskap interior, tentu bukan hal yang sulit merencanakan sebuah taman kecil dalam rumah yang mempunyai konsep sama atau mengimbangi konsep interior pada ruangan lain. Di tangan pemilik yang awam, sebenarnya akan tergantung pada konsep dan niat, karena saat ini banyak beredar panduan untuk perancangan taman dalam rumah. Yang pasti, Anda harus menyediakan sepetak lahan untuk meletakkan taman tersebut. Tidak harus space khusus untuk taman, bisa juga memanfaatkan sudut-sudut yang secara teknis biasanya terbuang, seperti ruang di bawah tangga.

Taman Kecil dalam Rumah

Taman Kecil Di Rumah

Dan jangan lupa bahwa sebuah taman tentunya akan membutuhkan perawatan yang meliputi perawatan rutin dan berkala. Perawatan rutin tentunya berkaitan dengan mahluk hidup berupa tanaman, pohon atau fauna di dalam taman itu sendiri. Sebagai mahluk hidup, tentunya ada unsur-unsur yang mereka butuhkan setiap hari, yang harus kita jamin keberadaannya, makanan, air, udara, cahaya matahari dan beberapa unsur lainnya, tergantung dari jenis vegetasi ataupun fauna yang ada. Perawatan berkala biasanya terkait pekerjaan untuk menjaga kebersihan serta kerapihan taman kecil dalam rumah. Trimming tanaman, perawatan ornamen hardscape untuk mengenyahkan lumut atau kotoran lain, membersihkan ganggang dari kolam, dan lain sebagainya. Tentunya masalah perawatan ini perlu Anda pertimbangkan untuk memasukkan komponen apa saja yang akan dimasukkan ke dalam taman kecil kita. Jika Anda dan keluarga termasuk orang yang sibuk, sebaiknya pilih vegetasi yang tidak terlalu banyak butuh perawatan, dan perbanyak ornamen hardscape di dalam taman.

taman kolam kecil dalam rumah

Keberadaan taman kecil dalam rumah pada sebuah void di dalam rumah seperti pada gambar di atas, akan memastikan terjadinya aliran udara segar, baik secara horisontal maupun vertikal ke lantai yang berada di sebelah atas. Keberadaan unsur air pada taman tersebut, tak pelak lagi, akan menambah kesan alami pada taman tersebut. Pemilihan tanaman rerumputan, atau vegetasi berdaun jarum, adalah pilihan bijak saat Anda tidak menginginkan taman dengan perawatan yang eksklusif.

Taman Kecil Dalam Rumah

Perletakan taman yang bersebelahan dengan ruangan yang luas, atau pada ruang yang berbatasan dengan beberapa ruang sekaligus, sangat di sarankan karena akan lebih meng-optimalkan pencahayaan dan penghawaan alami di dalam rumah. Namun jangan lupa, bahwa untuk tipe taman kecil dalam rumah seperti pada gambar di atas, perlu Anda perhatikan juga masalah keamanan, karena bentuk taman yang terbuka pada sebelah atas. Sebaiknya saat meng-konsep desain taman serupa, dipikirkan juga cara untuk mengamankan, misal dengan pembuatan teralis pada sebelah atas taman atau dengan atap model louvre yang lebih fleksibel.

Galeri Taman Kecil Dalam Rumah

Semoga artikel kecil ini dapat membantu Anda dalam merancang taman kecil dalam rumah yang Anda idam-idamkan.

tags: ,