Taman Rumah Kecil Minimalis Sederhana

Saturday, January 24th 2015. | Taman Rumah

Keberadaan sebuah taman pada sebuah rumah, paling tidak berupa taman rumah kecil, saat ini sudah dirasakan sebagai sebuah kebutuhan. Jangankan sebuah rumah, yang biasanya relatif masih bisa menyisakan sepetak lahan untuk taman, saat ini apartemen-apartemen dengan ukuran relatif sempit sekalipun tetap diupayakan adanya taman kecil ini.

Adanya sebuah taman rumah kecil, bukan saja menjadikan sebuah rumah kecil sederhana menjadi lebih asri, namun memiliki beberapa nilai tambah lainnya. Secara fungsi, taman rumah kecil, merupakan salah satu solusi desain sebuah rumah sehat, dengan menjamin tersedianya pencahayaan dan penghawaan alami pada setiap ruang. Secara estetika, adanya sebuah taman rumah yang ditata dengan baik dan konsepnya jelas, akan memberikan nuansa alami tersendiri pada eksterior bangunan.

Sebuah taman rumah, pada lahan yang relatif terbatas, tentunya tidak perlu berukuran besar, dan tidak perlu melibatkan banyak item di sebagai komponen penyusunnya. Bahkan keberadaan vegetasi, fauna maupun hardscape yang terlalu banyak pada sebuah taman rumah kecil, baik dari sisi jenis maupun populasi, justru akan membuat tampilan terasa sesak dan penuh. Idealnya pada sebuah taman rumah kecil, sebaiknya dipilih dan dilakukan sortir hanya beberapa item saja yang dimasukkan. Bisa satu atau dua sosok vegetasi besar saja sebagai point of interest dalam taman tersebut, atau bisa jadi juga menggunakan obyek berupa ornamen artifisial yang cukup mencolok, misalnya patung, susunan batu besar maupun bangku taman. Kemudian dipadu-padankan dengan beberapa item ornamen taman lainnya sebagai pelengkap sekaligus sebagai penyeimbang tampilan taman rumah kecil tersebut, misal dengan hamparan rumput, tanaman perdu, stepping-stone, batu koral, kolam, atau obyek lainnya.

Contoh Desain Taman Rumah Kecil

taman kecil dengan pergola

Ornamen utama yang digunakan pada contoh taman rumah kecil di atas adalah pergola kayu yang berbentuk mirip gazebo. Tanaman yang dipilih adalah tanaman-tanaman yang mudah dalam perawatan, yang beberapa bahkan diletakkan di dalam pot-pot, sehingga mudah dalam pengaturan jika dibutuhkan perubahan tampilan. Jenis-jenis perdu dengan bunga yang menarik diletakkan pada pot gantung, dan tidak diletakkan di bawah untuk ground cover, membuat area ground lebih bersih. Untuk menghias bagian bawah, ditebar ornamen batu koral, dan dipasang balok-balok kayu sebagai aksen untuk menambah kesan alami.

taman rumah kecil

Taman rumah kecil pada gambar di atas, dikombinasikan untuk menghantar penghuni maupun tamu ke sebuah gazebo berupa pergola kayu sederhana berwarna putih. Tanaman yang berfungsi sebagai ground cover di antaranya terdiri dari tanaman berjenis paku-pakuan, diletakkan secara rapi di bagian pinggir lahan. Untuk memberikan kesan lega, dibuat area antara taman dengan jalan, yang diisi dengan batuan kerikil. Tentunya sangat sejuk dan nyaman untuk duduk-duduk di gazebo sederhana yang asri ini.

Contoh Taman Rumah Kecil dengan Media Pot

lanskap taman rumah dengan pot

Pada area lahan yang lebih terbatas, tidak seharusnya menjadikan Anda urung dalam menghadirkan taman rumah kecil di hunian Anda. Penggunaan pot adalah solusi untuk mengatasi terbatasnya lahan. Penggunaan pot juga relatif menguntungkan karena Anda bisa menyusun ulang komposisi letak antar tanaman, sehingga tampilan taman menjadi baru. Bahkan untuk keperluan dekorasi interior dalam rumah, bisa saja mengangkut beberapa pot tersebut ke dalam rumah Anda.

 

kolam taman rumah kecil

Keberadaan aliran air yang mengalir terjun dan menimbulkan suara gemericik, tentunya akan menambah nilai taman rumah kecil Anda. Kesan alami yang hadir dengan penambahan unsur air mengalir pada sebuah taman, akan memberikan nuansa nyaman yang menenangkan bagi siapapun yang menikmati taman tersebut.

Jadi, lahan yang kecil, seharusnya bukan merupakan halangan lagi bagi Anda untuk menghadirkan sepetak area taman rumah kecil di rumah Anda.

tags: ,