Model Rumah Sangat Sederhana Sekali

Thursday, January 8th 2015. | Rumah Sederhana

Ketika budget pembangunan rumah menjadi kendala utama, konsep rumah sangat sederhana mungkin bisa dipertimbangkan dalam perencanaan rumah kita. Konsep rumah sangat sederhana, bukan berarti meninggalkan standar kelayakan huni dari suatu rumah, namun kita harus sangat cermat dalam penggunaan space dan menggunakan standar minimal pada sisi struktur.

Perhatian utama dalam membuat konsep rumah kecil sederhana adalah mengurangi sebanyak mungkin biaya belanja bahan dan biaya upah tukang. Dua poin tersebut dilaksanakan dengan beberapa langkah. Pertama adalah perencanaan ruang, karena berkaitan dengan biaya bahan penyusun dinding pembatas antar ruangan. Penghematan bisa dilakukan dengan meniadakan sekat dinding yang kurang diperlukan, dan diganti dengan sekat ringan (sketsel atau partisi).

Kedua, penggunaan bahan-bahan bangunan (pada komponen non-struktur) yang ringan sehingga mengurangi beban bangunan yang berimbas pada kebutuhan komponen struktur (balok, kolom dan pondasi) dengan spesifikasi yang lebih rendah. Komponen non struktur yang banyak digunakan pada bangunan rumah, antara lain dinding, penutup atap dan rangka atap. Pada dinding, saat ini ada inovasi bahan pengisi dinding menggunakan bata beton aerasi, yang ringan dan sudah rata halus sehingga juga mengurangi item pekerjaan plesteran pada tahap finishing. Pada penutup atap, penggunaan atap jenis lembaran, semacam seng, galvalum, asbes, atap bitumen dan genteng metal merupakan alternatif bahan yang ringan untuk rumah sangat sederhana. Bahan penyusun rangka atap, saat ini populer penggunaan rangka atap baja ringan.

Langkah ketiga, adalah dengan mengurangi beberapa item pekerjaan konstruksi yang berimbas pada pengurangan biaya upah tukang dan beberapa bahan. Misalnya dengan penggunaan jenis bahan bangunan pre-cast yang diproduksi di pabrik, dan tinggal diinstal di proyek. Saat ini banyak alternatif bahan-bahan pre-cast di pasaran, biasanya berupa komponen-komponen berbahan beton atau keramik, misal beton untuk aplikasi pagar, bata beton aerasi, balok dan kolom pre-cast, serta kombinasi keramik dan beton (keraton) untuk plat lantai.

Model Rumah Sangat Sederhana Sekali

Model Rumah Sangat sederhanaDesain rumah sangat sederhana di atas, ideal dengan luasan lahan yang dimiliki. Desain atap sangat efisien sehingga tidak ada bagian yang tersia-sia untuk talang. Tampilan fasad depan rumah juga minimalis, tanpa ada tonjolan yang tidak perlu, ditambah lagi dengan pagar dan pintu gerbang yang memanfaatkan besi tulangan BRC. Walaupun sederhana, pemilik tidak melupakan masalah keamanan, teralis ditambahkan untuk mengamankan jendela.

Contoh Rumah Sangat Sederhana Sekali

Rumah Sangat sederhanaAplikasi komponen struktur yang ringan, dengan menggunakan jenis atap lembaran, diaplikasikan untuk rumah sangat sederhana pada gambar di atas. Aplikasi jenis atap lembaran relatif lebih ringan bebannya, sehingga tidak terlalu membutuhkan penopang dengan dimensi besar. Dan susunan reng ataupun kaso pada rangka atap juga bisa agak jarang, sehingga dapat menekan biaya belanja bahan bangunan.

Rumah Sangat Sederhana SekaliSalah satu cara dalam menyiasati masalah biaya, adalah dengan membangun tipe rumah kopel (couple – dua rumah bergandengan) di mana ada satu bidang dinding yang digunakan dua rumah sekaligus. Pada gambar rumah sangat sederhana di atas, ada bagian atap yang bersambung, yang akan meng-efektifkan penggunaan gording dan reng pada struktur atapnya, dan juga mengurangi kebutuhan untuk menyediakan atap tritisan.

Rumah Minimalis Sangat sederhanaAlternatif bahan penutup atap untuk rumah sangat sederhana yang lain, adalah genteng metal, yang merupakan padanan dari struktur rangka atap baja ringan. Kendala jenis atap dengan bahan metal, seperti seng, galvalum dan genteng metal, adalah panas akibat radiasi panas matahari, dan berisik saat hujan turun. Dua kendala tersebut biasanya diatasi dengan pemasangan bahan insulator panas dan suara di sebelah bawah genteng, dan disertai dengan pemasangan plafon untuk memerangkap panas dan sebagai peredam suara.

Baca juga rumah sederhana modern dalam web ini. Jadi, jangan ragu untuk meng-aplikasikan konsep rumah sangat sederhana pada rumah impian Anda.

tags: , , , , , , , ,